Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Hang

Laptop yang tiba-tiba berhenti beroperasi saat digunakan, atau nge-hang tentunya akan membuat anda kesal, apalagi jika anda tengah mengerjakan sesuatu yang penting.

Jika hal tersebut terjadi pada anda dan berulang-ulang, sebaiknya anda kenali penyebab laptop hang dan cara mengatasinya.

Penyebab laptop hang

Berikut masalah yang dapat menyebabkan laptop anda berhenti berfungsi dengan sewajarnya.

Minim RAM Space

Ini merupakan masalah yang paling umum, beberapa software yang terpasang di PC dan sistem operasi anda mensyaratkan kapasitas minimum RAM yang terpasang, menggunakan RAM dengan kapasitas memory kecil akan memperlambat kinerja komputer anda dan ujung-ujung nya membuat PC anda sering hang.

Low space disk

Sama seperti Ram, kapasitas harddisk yang pas-pasan juga bisa menjadi penyebab PC anda sering hang.

Fragmentasi

Lakukan disk defragment secara berkala, karena harddisk yang terfrgment juga bisa menjadi penyebab masalah.

Kerusakan Harddisk

Kecepatan RPM yang menurun, maupun bad sector bisa juga menjadi penyebab masalah pada PC, lakukan disk check dengan berkala, untuk memeriksa dan memperbaiki harddisk bad sector.

Terlalu banyak program

Terlalu banyak program yang terinstal juga dapat mengganggu kecepatan kinerja PC, terlalu banyak shortcut di desktop dan program yang berjalan otomatis saat PC dihidupkan juga bisa menjadi masalah, pertimbangkan program yang memang penting untuk anda, dan uninstal program yang sangat jarang anda gunakan.

Startup dan Service

Seperti sudah sedikit saya tulis di atas, terlalu banyak program dan service yang berjalan otomatis di saat laptop dihidupkan juga dapat membuat kinerja perangkat PC anda terganggu, anda dapat menggunakan msconfig maupun services.msc untuk mengaturnya, namun jika anda kesulitan, anda dapat mempergunakan program-program gratis yang mudah anda temui di internet, salah satunya adalah Autorun.

File sampah

Terlalu banyak file sementara atau temp, yang biasanya merupakan sisa aktifitas surfing juga bisa menjadi penyebab masalah, bersihkan dengan perintah cleanmgr pada menu run, atau gunakan aplikasi gratis seperti CCleaner.

Terlalu banyak security program

Alih-alih melindungi PC anda, menggunakan program keamanan terlalu banyak justru akan menyebabkan PC anda sering hang, satu anti virus yang di update rutin sudah cukup baik dibanding menggunakan dua atau lebih antivirus, apalagi jika ditambah dengan program firewall, anti spyware maupun malware.

Virus, malware, atau spyware

Tidak menggunakan antivirus sama sekali pun bukan pilihan yang tepat, virus, malware maupun spyware juga bisa menggangu kinerja PC dan menjadi sumber masalah, lakukan fullscan untuk mebersihkan laptop anda.

System files corrupt

Bisa akibat infeksi virus, maupun terhapus antivirus, file system yang corrupt juga bisa menjadi masalah, jika ini yang terjadi maka pilihannya adalah repair atau instal ulang.

Overheat

Panas berlebih pada hardware akibat kurang maksimalnya kinerja fan, debu, dan pemilihan cooling pad yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab laptop sering hang.

Mengatasi laptop hang

Kenali masalah laptop anda dari list yang saya berikan diatas, semoga dengan mengenali masalahnya akan memudahkan anda untuk mengatasi masalah laptop anda yang sering hang.
 

Baca Juga :

Memuat...