-->
banner sagalapedia

23 Inspirasi Hadiah Ultah Untuk Pasangan Kamu

Pasangan kamu sebentar lagi ulang tahun ? bingung nyari hadiah yang tepat? yang lain juga sama qo, hehe.. Buat kamu yang masih bingung me...

banner sagalapedia
banner sagalapedia

4/07/2013

Tips Mudah Menghindari & Mengatasi Insomnia

Apakah anda memiliki masalah dengan insomnia? salah satu cara mengatasi insomnia yang terbaik adalah mengetahui alasan kenapa anda mengalami insomnia, karena dengan mengetahui penyebabnya tentunya akan lebih mudah bagi anda menghindarinya, dan hasilnya tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur anda nantinya.

Cara mengatasi insomnia

Berikut beberapa penyebab anda sulit tidur di malam hari.
  • Kafein

Jika anda hanya mengenal kopi sebagai sumber kafein, maka anda telah salah. Teh dan minuman bersoda ternyata juga mengandung kafein.

Kafein berlebih yang anda konsumsi akan membuat anda sulit tidur, hindari meminum kopi, teh, maupun minuman bersoda setelah jam 4 sore agar anda terhindar dari insomnia.
  • Tekhnologi

Banyak sekali orang yang menghabiskan waktu tidurnya untuk duduk di depan laptop maupun gadget lainnya yang mereka miliki.

Banyak hal asik yang bisa anda lakukan dengan tekhnologi, namun jangan sampai hal tersebut mengorbankan waktu istirahat yang seharusnya anda miliki.
  • Gaya hidup

Banyak orang menghabiskan akhir pekan dengan terjaga sekedar untuk menikmati libur dari aktifitas rutin di hari-hari sebelumnya.

Perubahan jam tidur yang anda lakukan di akhir pekan dapat membawa efek untuk hari-hari berikutnya.
  • Kurang olahraga

Olahraga adalah salah satu hal yang bisa membuat anda tidur nyenyak di malam hari, terlebih jika olahraga tersebut anda lakukan di pagi hari.

Namun, hindari melakukan olahraga atau kegiatan-kegiatan yang menguras energi pada malam hari menjelang waktu istirahat.
  • Kondisi

Cahaya lampu kamar, suara-suara yang mungkin timbul di malam hari, atau bahkan aroma bisa mengganggu tidur bagi beberapa orang.

Kondisikan suasana kamar anda agar anda tidak akan terganggu selama jam tidur karena bagi sebagian orang biasanya akan lebih sulit untuk tidur kembali jika terbangun di malam hari..
  • Stress

Stress menghasilkan hormon yang memicu adrenaline, hal ini akan menyebabkan anda lebih mudah terjaga dibandingkan tidur.

Pengelolaan masalah dan menghindari stress bisa menjadi solusi mengatasi insomnia.
  • Alkohol

Meskipun dapat menyebabkan kantuk, meminum alkohol akan mengurangi kualitas dari tidur anda, badan anda akan kehilangan kesegarannya di pagi hari setelah bangun tidur jika anda pengkonsumsi alkohol.

Jadi, selain bermanfaat untuk kesehatan, menghindari alkohol juga disarankan untuk anda yang mempunyai masalah dengan insomnia.

Itulah hal-hal yang dapat menggangu waktu dan kualitas tidur anda, dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan akan mempermudah anda untuk mencari cara megobati insomnia.
Semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner